Kabarsukabumi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, berbagi rahasia keberhasilan daerahnya dalam Kota/Kabupaten Sehat (KKS) kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan tengah,  Kamis, 30 November 2023. Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan Tim Pembina Kotawaringin Sehat ke Pendopo Sukabumi.

Menurut Sekda, keberhasilan Kabupaten Sukabumi dalam KKS ialah kekompakan dan diperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Tim kita, Alhamdulillah sudah solid. Ditambah dengan menggerakan perangkat daerah dan kolaborasi bersama berbagai pihak. Sehingga tercapai hasil sangat baik," ujarnya.

Atas dasar kekompakan dan kolaborasi tersebut, Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan KKS sejak 2015 lalu yang dimulai dari penghargaan swasti saba Padapa hingga terakhir wistara.

"Alhamdulillah, sampai terakhir kita mendapatkan penghargaan wistara untuk ketiga kalinya. Semuanya lewat kekompakan. Tanpa kekompakan, akan sulit tercapai," ucapnya.

Pasalnya, Kabupaten Sukabumi memiliki wilayah yang sangat luas. Manajemen wilayah yang luas itu, dibantu para camat yang tersebar di 47 kecamatan.

"Kita itu, daerah terluas kedua se Jawa-Bali setelah Banyuwangi. Kekompakan  inilah yang menjadi pegangan kita dalam menjemput keberhasilan," ungkapnya.

Berkaitan studi tiru dari Kotawaringin Barat, Sekda mengucapkan terima kasih. Bahkan, Sekda pun mendorong Kotawaringin Barat mendaptkan penghargaan tertinggi dalam KKS.

"Terima kasih atas kedatangannya. Semoga studi tiru ini dapat menghasilkan manfaat yang besar. Selain itu, Kotawaringin Barat bisa mendapatkan penghargaan sampai wistara," tegasnya.

Sekretaris Dinas Kotawaringin Barat Arif Susanto mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Sukabumi untuk belajar. Terutama yang berkaitan KKS. Apalagi, Kabupaten Sukabumi telah tiga kali mendapatkan wistara.

"Kami ingin belajar ke Kabupaten Sukabumi. Semoga saja, hasil studi tiru ini dapat diimplementasikan di Kotawaringin Barat," pungkasnya.

Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan cinderamata dari Pemkab Sukabumi maupun Kotawaringin Barat.