Kabarsukabumi.com -Komite Koordinator Penanggulangan Aids, Tuberculosis dan Malaria (K2PATM) Kota Sukabumi menggelar sosialisasi bertajuk “generasi bebas HIV / Aids, akhiri HIV/Aids pada tahun 2030”, yang diikuti oleh para pelajar SMP Negeri dan Swasta se – Kota Sukabumi. Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Horison pada 1 Desember 2023 dibuka secara resmi oleh Sekretaris KP2PATM, drg. Wita Darmawanti.

Sekretaris K2PATM ketika diwawancarai mengatakan bahwa sosialisasi diadakan dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia bertujuan untuk merealisasikan target Three Zero yang dicanangkan pemerintah yakni bebas HIV/Aids pada tahun 2030, tidak ada lagi kasus baru serta kematian akibat HIV / Aids, serta tidak ada diskriminasi terhadap penderita HIV / Aids. Selain dihadiri para pelajar dari berbagai SMP, sosialisasi ini diikuti pula oleh para guru bimbingan konseling.

“Target Pemerintah adalah getting three zero. Untuk 2030 itukan tentunya generasi yang sekarang yang harus diberikan edukasi, agar mereka mengenal, mencegah, menghindari dari penyebaran Hiv/Aids, dan supaya mereka bisa menentukan perilaku yang baik dan benar.” Jelasnya

Adapun ketika ditanya jumlah kasus HIV/ Aids di Kota Sukabumi saat ini, ia menerangkan bahwa pihaknya mencatat terjadi 181 kasus dengan penderita yang berdomisili di Kota Sukabumi sebanyak 59 orang. Dijelaskan pula bahwa perilaku seks menyimpang merupakan penyebab terbanyak penularan HIV / Aids.

“Kasus ada 181 dan yang berdomisili di Kota Sukabumi sebanyak 59 orang, kebanyakan usia produktif. Paling banyak LSL dengan persentase sekitar 60 persen.” Jelasnya

Sedangkan Kepala Bidang Penanganan HIV/Aids K2PATM, Fifi Kusumajaya, dalam keterangannya mengharapkan dengan adanya kegiatan, kolaborasi dan inovasi dalam penanggulangan HIV/Aids bisa semakin diperkuat dan target pemerintah untuk mengakhiri penyebaran HIV/Aids pada tahun 2030 bisa diwujudkan.